Gaya Hidup

WhatsApp Kembali di Blokir Oleh Pemerintah Brazil, Alasannya Tetap Sama, Soal Terenskripsi Data Kejahatan

ilustrasi/net
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Pesan instan WhatsApp untuk beberapa jam tidak bisa digunakan di Brazil karena terkait permasalahan hukum. Hal ini kali ketiga nya pemerintah setempat memblokir perusahaan Facebook grup ini dalam hal yang sama. Meski hanya dua hari, pemblokiran sangat mempengaruhi jutaan pengguna di negara tersebut.

Dalam tahun 2016 ini saja, WhatsApp diblokir kesekian kalinya oleh pemerintah Brasil. Dilansir dari Tech Crunch, Rabu (20/7)  seorang hakim di Brasil meminta kepada WhatsApp agar diberi akses untuk masuk ke pesan seorang kriminal yang tengah diinvestigasi.

Upaya pengadilan Brasil ‘menyelinap’ gagal setelah pesan pengguna WhatsApp yang diketahui telah dienkripsi. “Sebagaimana kami katakan selama ini, kami tidak bisa membagi informasi yang kami tak memiliki akses terhadapnya.” tutur juru bicara WA seperti dilansir Tech Crunch.

Meski begitu,  pesan terenkripsi lainnya tetap berjalan. Diketahui, saat ini WhatsApp berada di garda terdepan sebagai layanan pesan instan terpopuler dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta.

Untuk diketahui, terenskripsi maksudnya ialah mengirim file melalui internet. Sebagian dari kita mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya file itu sebenarnya melayang-layang didunia maya sebelum sampai pada alamat yang dituju.

Masalahnya adalah bagaimana jika dalam perjalanan itu ada yang sempat mengintip isinya? Jika file itu sifatnya rahasia maka itu berarti malapetaka bagi rahasia Anda. Nah itulah salah satu faktor WhatsApp diblokir oleh pemerintah Brazil.

 

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan