Keluarga News

Ulama Arab Saudi Bilang Main ‘Pokemon Go’ Haram Hukumnya, di Indonesia Bagaimana ya?

Pokemon Karakter di Yokohama Jepang/Reuters
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Negara Arab Saudi melalui para Ulamanya merevisi fatwa atas larangan bermain gim Pokemon Go. Gim yang tengah digandrungi dunia ini dianggap tidak islami, sehingga para ulama di Arab Saudi kembali mengeluarkan fatwa haram untuk memainkan gim yang berbasis GPS ini.

Dilansir dari scoopwhoop.com, Kamis (21/7) yang mengutip dari laman resmi Kerajaan Saudi mengatakan para Dewan ulama berpendapat permainan ini menganggap terdapat unsur yang bertentangan dengan hukum Islam.

“Hal ini mengejutkan bahwa kata ‘evolusi’ telah banyak di lidah anak-anak,” bunyi salah satu fatwa yang dilansir dari laman Kerajaan Saudi.  Termasuk adanya arah berbau syirik terhadap Allah SWT dengan mengakrabkan nama-nama dewa, dan perjudian, yang telah dilarang oleh Allah Swt dalam Al-Quran.

Selain itu, menurut fatwa lainya terdapat simbol-simbol yang dikaitkan dengan ajaran agama lain. Simbol tersebut berupa lambang Shinto yang terdapat di agama Jepang, lambang salib pada Kristen, dan simbol berupa bintang enam sudut dikaitkan dengan Yahudi dan golongan Freemasonry yang dianggap kafir.

Untuk diketahui,  sebelumnya ulama tinggi Arab Saudi juga sudah mengeluarkan fatwa yang mengharamkan bermain kartu Pokemon. Namun karena seiring waktu, permain Pokemon sudah beralih kepada teknologi smartphone Android.

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan