News Otomotif Unik

Plat Nomor dan Knalpot Sitaan Dibuatkan Monumennya

Monumen Knalpot/TRIBRATA Mapolrestabes Bandung
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Tak sedikit dari warga Bandung sekitarnya mengetahui ada pemandangan yang unik dilingkungan halaman Mapolrestabes Bandung, Jawa Barat.

Jika anda tengah berjalan disekitaran Mapolrestabes Bandung, Anda akan melihat sebuah taman yang dihiasi dengan penampakan berupa monumen pohon dari bahan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor.

Menariknya lagi, tak cuma pohon dari pelat nomor, ada pula menara yang terbuat dari berbagai jenis knalpot racing yang dipajang dari sitaan razia karena tidak menggunakan knalpot standar bawaan pabrik.

Menurut portal resmi kepolisian, Tribrata, Senin, 23 Mei 2016, pohon pelat nomor itu dibuat dari nomor-nomor kendaraan yang menyalahi aturan alias dimodifikasi dan telah disita kepolisian dari berbagai razia. Menara yang bernama ‘Pohon TNKB’ yang memiliki tinggi sekitar tiga meter.

Wakasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Santiadjie Kartasasmita, seperti disampaikan Wiena Novianti РHumas Polrestabes Bandung menyebutkan, pohon unik ini dibuat untuk mengingatkan ke pengendara lain untuk patuh terhadap aturan yang telah ada. Jika tidak bisa-bisa plat nomor atau knalpot yang tidak mematuhi bisa menambah koleksi monumen tersebut. Dirinya mengatakan, monumen Pohon TNKB ini tentunya untuk mempercantik halaman Mapolrestabes Bandung, karena juga dilengkapi dengan berbagai lampu hias.

Total, ada 1.000 pelat nomor modifikasi yang diperoleh sepanjang operasi dari 2015-2016. “Untuk pelat nomor roda dua totalnya 707, sedangkan roda empat sebanyak 293,” ujarnya.

Dirinya pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memakai pelat nomor sesuai ketentuan agar segera diganti. Jika tidak akan diberikan sanksi tegas berupa penilangan.

Masih dikatakannya, tidak hanya pelat nomor yang dibuat monumen. Knalpot yang bukan standar pun yang telah disita dibuatkan monumen. Namun dia tidak menyebut jumlah rinci berapa banyak knalpot yang digunakan untuk dibuatkan menara.

“Semua itu dibikin untuk mengingatkan masyarakat khususnya pemilik kendaraan, agar menggunakan spesifikasi keluarkan pabrik dan nomor polisi yang dikeluarkan Korlantas Polri serta masyarakat dapat menaati peraturan berlalu lintas,” tulisnya.

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan