News Otomotif Unik Gaya Hidup

Kebayang Gak Sih Kalau di Rumkit Ada Robot ?

Ilustrasi robot/ John Thys/AFP/Getty Images
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Coba Anda bayangkan jika resepsionis dirumah sakit dilayani oleh robot. Tentu Anda menganggap itu mustahil bukan ?

Namun tak demikian di Negara Belgia. Di wilayah Ostend dan Liege Anda akan menemukan resepsionis robot bernama Pepper. Robot ini bertugas sebagai asisten di meja penerima tamu disebuah rumah sakit.

Dengan tinggi badan 140 centimeter dan dilengkapi roda di bawah tubuhnya, Pepper bisa mengenali suara manusia dalam 20 bahasa dan mendeteksi yang berbicara itu pria, wanita, atau anak-anak.

“Cara berbicaranya agak aneh dan gerakannya pun terkadang terpatah-patah. Meski begitu, robot bernama Pepper itu siap membantu para pasien di dua rumah sakit di Belgia,” ujar pembuat robot asal Belgia, Raphael Tassart yang dilansir dari The Guardian, Selasa (14/6).

Menurutnya, robot ini sudah diperkenalkan disalah satu Centre Hospitalier Regional La Citadelle pada Senin (13/6) lalu. Robot yang dibanderol seharga 30 ribu euro ini akan ditempatkan di ruangan resepsionis di rumah sakit Liege.

Sedangkan untuk di Rumah Sakit AZ Damiaan di Ostend, Pepper bertugas sebagai pengantar pasien ke bagian divisi rumah sakit yang mereka cari.

“Ini adalah kali pertama robot ini digunakan sebagai resepsionis,” ujar bos Zora Bots itu.

Robot Papper ini dirakit di Prancis dan telah melalui beberapa tahapan untuk bisa dipasarkan. Sedangkan komponen yang terdapat pada robot ini didapatkan dipasar Asia.

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan