Gaya Hidup Artikel Pilihan

Internet Melejit, Virtual Reality Incaran Pasar

VR/yahoo.com
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Revolusi teknologi kian hari semakin melejit. Kenapa tidak ? Di zaman era modern saat ini teknologi begitu dekat dengan kehidupan sehari hari, terlebih internet serta perangkat lainya seperti Virtual Reality keluaran Acer.

Senior Product Manager SHH Acer Indonesia, Fabiant Kayatmo, mengatakan VR bakal banyak dilirik. Di awal keberadaannya, VR diperkenalkan oleh pengembang bernama Oculus pada 2012. Kemudian, pada 2014, Oculus pun dibeli oleh Facebook sebesar US$2,2 miliar.

“Virtual reality ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun kembali booming oleh Oculus dan kemudian dibeli Facebook. Sekarang, perkembangan virtual reality semakin dikembangkan oleh berbagai perusahaan, seperti oleh Google,” ucap Fabiant di Jakarta, Rabu (25/5).

Bahkan, kata dia, beragam bentuk jenis VR ini juga didukung oleh tersedianya konten-konten pendukungnya. Fabiant, menuturkan, konten video untuk VR ini sudah tersedia di Play Store dan jumlahnya lebih dari 100 konten.

“Acer juga akan mengeluarkan device tersebut dengan paket bundling dengan smartphone ke depannya,” ucap dia.

Pengguna internet pun sepertinya sudah mulai jenuh dengan konten berbasis teks dan gambar diam saja, sehingga konten video menjadi alternatif. Tentu saja, mencerna konten video lebih “mudah” dan “ringan” dibandingkan membaca atau menginterpretasi sebuah gambar diam. Penonton dimanjakan oleh konten video.

Oleh sebab itu, menurut Fabiant user atau pengguna internet harus beralih kepada konten video yang terdapat pada aplikasi VR. “Jumlah smartphone kini berbanding dengan feature phone (60:40), sehingga berpengaruh pada tren mobile usage. Salah satu contohnya adalah konsumsi konten video. Dilihat dari sisi device, ledakan konten video harus ditunjang oleh beberapa fitur yang ada di smartphone, seperti baterai.” tutupnya menambahkan.

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan