News Unik Artikel Pilihan

Pelajar Swiss Wajib Jabat Tangan, Jika Tak Mau di Denda

ilustrasi/NET
Ditulis oleh Ozzi Amedio

Aturan soal berjabat tangan atau bersalaman mungkin tidak ada aturan baku alias tak wajib dijalankan oleh setiap warga masyarakat dimuka bumi ini.

Namun berbeda dengan negara Switzerland, tepatnya di daerah Therwil, negara yang terletak diujung eropa ini mewajibkan kepada seluruh pelajar untuk bersalaman dengan gurunya pada awal dan akhir pelajaran sekolah karena sudah merupakan suatu peraturan oleh pemerintah setempat.

Sementara itu, Para orangtua dan wali murid yang menolak bersalaman dengan para guru, bisa didenda hingga 5000 Swiss Franc (setara dengan Rp 68,8 juta) sesuai aturan pendidikan daerah.

“Seorang guru mempunyai hak untuk berjabat tangan,” ungkap pernyataan pemerintah daerah, dilansir dari Today Online, rabu (25/5) lalu.

Sedangkan menurut Ketua Komisi Sains, Pendidikan, dan Budaya Parlemen Switzerland Felix Muen menyebut jabat tangan sebagai ‘bentuk perwujudan dari sikap hormat dan sopan santun’. Di negara penghasil coklat ini, untuk berjabat tangan kamu harus menyebutkan titelnya, seperti ‘bapak’ atau ‘ibu’. Dan harus diikuti dengan nama belakang yang kamu ajak berjabat tangan.

Tentang penulis

Ozzi Amedio

Tinggalkan Pesan